Pengasuh Yang Baik Adalah

Anak gembira saat perjumpaan pertama. Biasanya anak-anak punya "indera keenam" untuk mengenali apakah pengasuhnya berkepribadian hangat, penuh perhatian, dan sabar.

Si kecil tak henti-hentinya bercerita soal pengasuhnya. Bila ia benar-benar menikmati tugasnya sebagai pengasuh, buah hati Anda bisa mengetahuinya, kok.

Dia datang dengan solusi-solusi kreatif terhadap berbagai masalah dan membina kerjasama yang baik dengan Anda, dengan memberikan kemungkinan terbaik seputar pengasuhan si kecil. Misalnya kalau si kecil tetap terjaga di jam seharusnya dia tidur, Pengasuh yang baik tak segan-segan minta nasihat dan bantuan Anda. Pendek kata, ia menunjukkan bahwa ia mengerjakan tugasnya dengan sungguh-sungguh, baik lewat inisiatif maupun caranya berkolaborasi dengan Anda.

Datang tepat waktu. Tanda-tanda lainnya, ia bisa dipercaya. Ia memberi kabar yang cukup masuk akal saat dalam keadaan tertentu ia tak bisa menjalankan tugasnya mengasuh si kecil. Bahkan ia tak segan-segan membantu mencarikan Anda pengasuh pengganti. Dia begitu perhatian pada apa yang menjadi kebutuhan Anda sebagai orangtua dan menghormati apa yang disepakati bersama dalam kontrak kerja. Contohnya, kalau sakit, ia akan memberitahu sesegera mungkin hingga Anda masih punya waktu untuk mencari pengasuh pengganti untuk sementara waktu ataupun mendelegasikan tugas kantor bila terpaksa harus cuti.

Selalu bisa dihubungi. Seorang pengasuh yang sungguh-sungguh melakukan tugasnya akan senantiasa menyampaikan informasi kepada Anda mengenai segala aktivitas sehari-hari, baik lewat catatan singkat, membuat laporan harian sesekali menyediakan waktu untuk duduk bersama Anda membicarakan seputar masalah pengasuhan anak.

Perbendaharaan lagu dan kata-kata baru buah hari Anda terus bertambah. Pengasuh yang baik biasanya menyadari sekaligus berusaha memenuhi rasa ingin tahu si kecil. Ia akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontar anak, memberi respons yang memperkaya imajinasi anak, dan selalu berpikir untuk menemukan cara-cara kreatif dalam mengajarkan keterampilan-keterampilan baru.

Kamar anak rapi dan bersih, begitu juga si kecil karena perawatan dan pengasuhan anak yang baik memang mencakup upaya menjaga kebersihan dan kesehatan anak. Pengasuh pun akan melakukan apa saja yang terkait dengan higiene anak karena kesejahteraan si kecil juga menjadi prioritas kerjanya.

Tak pernah cedera. Usia balita memang memberi peluang anak mengalami kecelakaan. Entah jatuh, terbentur, atau yang lainnya. Nah, pengasuh yang baik akan menempatkan keamanan anak sebagai prioritasnya, baik saat berada di dalam maupun di luar rumah. 

Postingan populer dari blog ini

1/3 Pasien yang Pulang dari Rumah Sakit Meninggal

Pemerintah Butuh 20.000 Perawat. Pasien Covid Bertambah

Perawat Instrumentalis