Kenali Pengasuh Anak Anda

Memilih pengasuh buat anak Anda memang bukan hal mudah. Apalagi anak di bawah 3 tahun masih membutuhkan perhatian penuh. Salah pilih, anaklah yang bakal jadi korban. Bagaimana mengetahui pengasuh anak Anda bagus atau bermasalah?

Pengasuh yang buruk adalah:

Si kecil kelihatan tidak bahagia ketika didekati pengasuh. Bisa jadi, anak dan pengasuh belum dekat. Bisa jadi pengasuh tidak memberikan kehangatan dan kenyamanan buat si kecil. Seperti dalam setiap relasi, chemistry sangat penting. Cermati  setiap hal-hal yang tidak beres, dan waspadai kemungkinan tindak kekerasan terhadap anak.

Pangasuh merahasiakan apa saja yang ia lakukan bersama si kecil sepanjang hari. Padahal, seharusnya, ia bersikap terbuka kepada Anda sebagai orangtua anak mengenai apa saja yang dilakukan saat Anda tidak di rumah. Anda berhak curiga kalau pengasuh terkesan menutup-nutupi sesuatu.

Buah hati Anda sering mengalami kecelakaan-kecelakaan yang semestinya tidak perlu terjadi. Tugas pengasuhlah untuk memerhatikan aktivitas si kecil sepanjang waktu. Bisa dipastikan, kecelakaan terjadi akibat pengasuh membiarkan si kecil lepas dari pengawasannya.

Pengasuh tidak menuruti apa yang Anda minta. Padahal, seyogianya Anda dan pengasuh merupakan tim yang kompak untuk merawat si kecil. Sangat tidak pada tempatnya bila pengasuh merasa lebih tahu soal pengasuhan anak ketimbang Anda.

Apa pun yang Anda lakukan seputar pengasuhan anak selalu salah di matanya. Ia rajin  melontarkan kritik. Padahal, Anda berdua mestinya merupakan tim yang kompak demi kebaikan si kecil. Bila Anda merasa tidak bisa seia-sekata dalam hal-hal mendasar, seperti memberi makan, tidur, keamanan, sebaiknya tak usah perpanjang masa kerja pengasuh demi kebaikan anak.

Sering terlambat datang. Keterlambatan dan ketidakhadiran tanpa penjelasan boleh jadi merupakan petunjuk bahwa ia memang tidak dapat dipercaya.

Si kecil kelihatan tak terurus. Pengasuh yang tidak peduli pada kebersihan si kecil merupakan tanda bahwa ia tidak bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mendasar yang diperlukan anak.       

Tidak jujur. Jangan pernah memberi toleransi sedikit pun kepada seseorang yang mencuri, berbohong atau berlaku curang terhadap Anda dengan cara apa pun. 

Postingan populer dari blog ini

1/3 Pasien yang Pulang dari Rumah Sakit Meninggal

Pemerintah Butuh 20.000 Perawat. Pasien Covid Bertambah

Perawat Instrumentalis