1/3 Pasien yang Pulang dari Rumah Sakit Meninggal

Sebuah survei di Medan, Sumatera Utara terhadap orang-orang (pasien) yang pulang dari rumah sakit dinyatakan sepertiganya (1/3) meninggal. Memang tidak disebutkan apakah pulangnya pasien terpaksa walaupun seharusnya belum boleh pulang, pasien yang dianggap layak dan diizinkan pulang, pasien yang sebetulnya belum layak, karena masih menunggu perbaikan-perbaikan kondisi tertentu, dan lain sebagainya ???

Selama di rumah sakit, karena perawatan tersedia, jarang pasien meninggal di rumah sakit. Kenyataan ada, memang, mempunyai penyakit-penyakit berat dan sudah terlambat dilakukan pertolongan. 

Bagaimana dengan perawatan di rumah? Ini yang sebetulnya menentukan. Kalau dirawat oleh orang awam, yaitu anggota keluarga, maka, risiko yang 1/3 meninggal menjadi tinggi. Sedangkan dirawat oleh perawat yang jelek pun juga berisiko sama. Tetapi kalau dirawat oleh perawat yang berpendidikan atau berketrampilan, empati, tanggung jawab, maka risiko tersebut bisa dihilangkan, paling tidak diminimalisir. 

Merasa prihatin, karena sudah mengeluarkan uang begitu banyak jangan sampai sia-sia, kami dari Yayasan Perawat Indonesia (Yapindo) tergerak untuk menyediakan perawat yang bisa membantu proses kesembuhan pasien. Dan saya sebagai pengelola yayasan, dapat memberikan pendapat kedua medis kondisi pasien dan bagaimana cara menanggulanginya.  

Untuk kemudahan, silakan hubungi Sinshe Hans di handphone/whatsapp 081932618088 atau handphone only 0896 8121 6666. Terima kasih. 

Postingan populer dari blog ini

Pemerintah Butuh 20.000 Perawat. Pasien Covid Bertambah

Perawat Inval