Lembaga Sertifikasi Perawat akan Dibentuk

PEMERINTAH berupaya meningkatkan kualitas tenaga perawat dengan berencana membentuk lembaga sertifikasi khusus untuk perawat yang akan bekerja ke luar negeri. 

"Tentu harus ada suatu pengakuan internasional yang harus kita selesaikan, bahwa kita (Indonesia) akan mengirimkan tenaga perawat dan care giver (pengasuh lansia) ke luar negeri setelah mendapat tambahan kualitas sesuai kebutuhan negara tujuan," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek, seusai rapat terbatas di Kantor Wapres, Jakarta, kemarin.

Apalagi, lanjut Nila, selama ini banyak negara sahabat menginginkan tenaga perawat dan care giver dari Indonesia untuk bekerja di sana. "Banyak negara yang meminta tenaga perawat kita, seperti Amerika Serikat dan Qatar. Kalau yang sudah menjalin kerja sama itu dengan Jepang," tambahnya. 

Turut hadir pada rapat tersebut, Wapres Jusuf Kalla, Mendikbud Anies Baswedan, serta Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid.

Nusron menambahkan jumlah tenaga perawat dan care giver di Indonesia berlebih sehingga tidak akan menjadi masalah jika pemerintah mengirimkan tenaga tersebut ke luar negeri.

Namun, kata dia, persoalannya ialah terkait sertifikasi tenaga keperawatan yang belum dimiliki oleh pemerintah Indonesia. 

"Kita perlu memperbarui dan membuka kerja sama dengan lembaga-lembaga di luar negeri agar ada lembaga di dalam negeri untuk mengeluarkan sertifikasi," jelas Nusron. 

Selama ini, tenaga perawat dan pengasuh Indonesia harus mengambil kelas sertifikasi ke Filipina agar memenuhi syarat untuk bekerja di luar negeri. Jika gagal mendapatkan sertifikasi di Filipina, mereka bekerja secara ilegal di negeri orang.

"Itu lantaran mereka banyak yang tidak lulus sehingga karena sudah telanjur keluar biaya dan malu, mereka stay di sana bekerja di tempat yang tidak sesuai," tutup dia. (Ant/H-2)

Postingan populer dari blog ini

1/3 Pasien yang Pulang dari Rumah Sakit Meninggal

Pemerintah Butuh 20.000 Perawat. Pasien Covid Bertambah

Perawat Instrumentalis