MASA PANEN ATAU PACEKLIK PERAWAT

Menurut traditional chinese medicine (TCM), kapan terjadi panen (istilah di sini, adalah, masa peningkatan orang sakit) dan paceklik, minus atau sedikit sekali orang sakit, adalah, berkaitan dengan musim. Bila musim hujan atau juga disebut panen, penyakit bertambah. Dan peceklik penyakit, terjadi, saat musim panas. Maksudnya apa, begitu pertanyaan orang awam?

Musim hujan atau dingin atau kurang mendapat matahari, tubuh kita diibaratkan kekurangan energi Yang. Dengan kurangnya tubuh unsur Yang, maka potensi penyakit yang ada di dalam tubuh, bermunculan. Otomatis akan timbul, begitu, kondisi dan stamina badan menurun. Dengan kejadian mudah pilek, batuk, dan lain sebagainya. Berbeda dengan musim panas, karena matahari mengandung ultraviolet atau semacam radiasi alamiah, maka orang yang tadinya sudah ada gejala-gejala penyakit, bisa sembuh, karena terpapar matahari.

Fenomena ini nampak di rumah-rumah sakit, praktik dokter, puskesmas, klinik dan lain sebagainya. Terjadi peningkatan jumlah pasien. Bagi yang ringan, selesai berobat, boleh pulang dan melanjutkan aktivitas. Tetapi, bagi yang perlu dirawat di rumah sakit, perlu waktu yang lebih lama. Dan bagi sebagian yang boleh pulang dari rumah sakit, kebanyakan, membutuhkan jasa perawat di rumah. Terjadi peningkatan atau panen, orang yang sakit diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Begitu sebaliknya, saat musim kemarau atau panas, banyak orang yang segera sembuh dari penyakit.

Berkaitan dengan musim tersebut, maka otomatis, akan terjadi masa panen perawat atau masa paceklik perawat. Secara fakta, saat musim panas, banyak perawat yang tidak bekerja. Namun, begitu musim hujan atau dingin, ketersediaan perawat sering tidak mencukupi. 


Postingan populer dari blog ini

1/3 Pasien yang Pulang dari Rumah Sakit Meninggal

Pemerintah Butuh 20.000 Perawat. Pasien Covid Bertambah

Perawat Instrumentalis