Wednesday, March 13, 2013

ASISTEN PERAWAT

Asisten perawat adalah orang yang bertugas membantu pekerjaan keperawatan orang yang sakit. Disebut asisten, karena, orang yang bertugas  utama merawat, sudah ada. Asisten ini hanya membantu tugas perawat pada saat-saat tertentu saja. Misalnya, ketika mengangkat orang yang sakit didudukkan ke kursi roda atau sebaliknya. Bisa saja memapah ke atau dari kamar mandi, dan lain sebagainya. Jika dilakukan sendiri tidak kuat. 

Asisten perawat ini setelah belajar sekian waktu dari perawat utama, maka, yang bersangkutan setelah belajar, praktek dan berpengalaman, dapat dipromosikan menjadi perawat

Ciri khas asisten perawat adalah biasanya baru mulai membantu bekerja merawat pasien. Ada yang baru selesai mengikuti pendidikan keperawatan, seperti: SMK (sekolah menengah kejuruan bidang keperawatan, SD/SMP/SMA atau sederajat yang telah mengikuti pelatihan keperawatan di sekolah, kursus atau yayasan penyelenggara pelatihan keperawatan. Dan bersedia menerima gaji sekitar 1,5 juta sampai dengan maksimal 2 jutaan per bulan. Sedangkan gaji perawat  yang terlatih dan berpengalaman, berkisar minimal 2,5 juta sampai 6 jutaan per bulan. 

Dari permintaan pengguna jasa perawat, dapat diketahui, yang dicari apakah perawat atau asisten perawat. Kalau anggaran yang disediakan sekian, yang dimaksud, adalah asisten perawat. Atau juga sesuai dengan kondisi pasien. Ada pasien yang tidak menggunakan alat medis apa pun, yang dicari perawat adalah asisten perawat. Pengertian asisten di sini, bukan artinya, orang yang tidak punya ketrampilan dan pengalaman. Yang disediakan adalah orang yang bisa merawat sebagaimana semestinya, hanya, tidak menggunakan alat-alat medis saja. Memang campur baur antara sebutan asisten perawat dan perawat. Yang membedakan hanya derajatnya saja, semuanya sama. Hanya disesuaikan dengan kondisi pasien masing-masing. 

Masyarakat umum menyebutnya asisten perawat pun disebut perawat. Memang tidak salah, karena calon pengguna jasa perawat yang tahu persis, perawat mana yang dibutuhkannya. Ada keberatan tersembunyi, menyebut asisten perawat terasa aneh. Jika orang bertanya, secara spontan didampingi atau dirawat oleh perawat bukan asisten perawat