Saturday, February 16, 2013

KERJASAMA JASA PERAWAT HOMECARE DENGAN RUMAH SAKIT

Pengelola perawat, ada, yang mengkhususkan hanya menyediakan perawat homecare. Sistemnya juga mengikuti aturan ketat rumah sakit. Perawat-perawat ini bekerja mengikuti aturan rumah sakit, seperti: bekerja shif shiftan, dengan waktu kerja sekian jam. Saat melakukan lanjutan perawatan di rumah pasien, dilakukan improvisasi. Ada yang sehari 3 (tiga) shift. Sehari yang bekerja 3 (tiga) perawat, dengan waktu kerja 8 (delapan) jam, tarif Rp 300.000,- per shift. 

Ada juga yang 12 jam-an. Sama dibayar Rp 300.000 per 12 jam tersebut. Ada pula yang sehari kerja, sehari libur atau 2 (dua) hari kerja, 2 (dua) hari libur atau 3 (tiga) hari kerja, 3 (tiga) hari libur. Dengan tarif perawat per harinya Rp 300.000,-

Sekadar perbandingan dengan perawat yang bekerja full time selama 30 (tiga puluh hari), tarifnya hanya 2,5 juta atau lebih. Di mana keterampilan perawat yang bersangkutan sama atau bahkan lebih, dibandingkan dengan perawat shift shiftan. Tarif perawat homecare ini mahal, karena, ada potongan yang relatif besar dalam prosentase terhadap perawat yang dipekerjakan. Artinya, anggota keluarga pasien membayar bukan untuk inti jasa yang diterima. Menjadi lebih mahal, hanya, lebih panjangnya rantai birokrasi. Di perusahaan kami, gaji perawat tidak ada yang dipotong gajinya. Jadi, di tempat lain mahal, maksudnya semu, karena net income yang diterima perawat sama saja atau malah lebih rendah atau sedikit uang yang diterima. 

Adalah wajar, segala sesuatu yang masih berhubungan dengan rumah sakit, dikenakan tarif premium. Karena tidak tahu, tidak mengerti, apa pun yang disarankan oleh rumah sakit, diterima begitu saja. Padahal, kalau sedikit saja mau mencari informasi, Anda bisa menghemat biaya gila-gilaan.

Soal tarif perawat homecare, kadang, pihak keluarga menawar tarif tertentu. Hal ini kami sampaikan kepada perawat yang bersangkutan. Dengan juru runding dari kami mewakili keluarga. Kita sampaikan kepada perawat bahwa gaji yang mereka terima tidak ada potongan. Memang tidak semua setuju, tapi, dengan cara ini, banyak juga, yang mengerti. Menurut kami, selama tarif perawat wajar, ya, silakan saja.