Monday, December 24, 2012

SPESIALIS PERAWAT (PERAWAT PENYAKIT KHUSUS)

Yang namanya spesialis, bukan, cuma milik dokter. Ternyata perawat pun, ada spesialisasinya. Sebut saja, perawat hemodialisa, perawat diabetes, perawat stroke, perawat jantung, dan perawat-perawat spesialis penyakit lainnya. 

Memang, di sekolah keperawatan, apakah itu D3 atau S1 keperawatan, perawat dididik dan dilatih untuk bisa melaksanakan tugas keperawatan keseluruhan. Dan setelah bekerja di rumah sakit, di mana, mereka ditempatkan, di situ, dia belajar lagi dan memperdalam, bidang penyakit khusus tersebut. Jadilah dia perawat spesialis bidang penyakit yang bersangkutan. Walaupun secara umum, semua perawat, bisa melaksanakan tugas perawatan pasien, apa pun, penyakit pasien yang bersangkutan. 

Bahkan, perawat-perawat spesialis ini, dilatih khusus di bidang penyakit tertentu. Dan mendapat sertifikat spesialis perawat penyakit khusus. 

Bagi pasien yang sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit, karena over protektif keluarga, mintanya, perawat spesialis penyakit tertentu. Memang bisa disediakan, tetapi, perlu waktu dan sangat sulit mengadakannya. Biasanya, setelah mendapat penjelasan yang baik, keluarga pasien, menyetujuinya.

Di samping mengelola yayasan perawat atau penyalur perawat, kami juga berprofesi sebagai terapis. Jadi pendapat, komentar kami, bertujuan membantu pasien  pulih dan sembuh secepat-cepatnya.